link href='https://plus.google.com/105024340948664216160' rel='publisher'/

DC Nachricht: Kolaborasi Barat dan Timur pada Konser Young Composers

Perpaduan Barat dan Timur Perpaduan antara barat dan timur, demikian pesan yang tersirat dalam konser Young composer in Southeast Asia Competition & Festival 2011 di Taman Budaya Bandung. Konser yang diselenggarakan sabtu 8 Oktober tersebut  menampilkan karya dari sepuluh composer muda se Asia Tenggara yang lolos proses seleksi dari para juri internasional. Sepuluh composer muda tersebut adalah Danilo Endangan Imson , Huey Ching Chong, Alexande J.L Villanueva, Reis Luke Aquino, Diana Li Ling Soh, Cow Jun yan, Ainolnam in Azizol, Mathius Shan Boone, Gan Ruo Xian, serta Diecky K. Indraparaja. 
Seluruh karya dari  para composer muda dimainkan dengan sangat baik oleh ensemble Kyai Fatahillah Universitas Pendidikan Indonesia serta ensemble Mosaik dari Berlin Jerman. Kolaborasi alat musik barat dan timur seperti biola dengan gamelan memberikan suguhan luar biasa di panggung pertunjukkan. Di akhir pertunjukkan diumumkan tiga orang pemenang dari kompetisi composer muda tersebut, mereka adalah Alexander Villanueva (Filipina), Matius Shan Boone (Indonesia), dan Danilo Endangan Imson (Filipina). Tidak ada urutan satu, dua, atau tiga dalam kemenangan itu, menurut Dieter Mack, penyelenggara sekaligus pembawa acara tersebut, kompetisi ini bukan kompetisi olahraga yang membutuhkan urutan juara satu, dua , maupun tiga.  
Konser yang dimotori oleh Goethe Institut dan Universitas Pendidikan Indonesia ini merupakan salah satu acara yang tergabung dalam rangkaian program Jerman Indonesia (Jerin). Kreativitas dalam keberagaman merupakan tema yang diangkat dalam program yang bertujuan untuk mempererat hubungan Jerman dan Indonesia ini.
Perbedaan budaya barat dan timur bukan merupakan faktor penghalang bagi kreativitas, demikian pelajaran yang dapat diambil oleh rekan-rekan Deutschclub yang hadir dalam kegiatan konser tersebut. Di akhir pertunjukan ketua DC, Mimin DC dan seorang Anggota DC berkesempatan untuk bertegur sapa dengan salah satu musisi ensemble Mosaik dari Berlin menggunakan bahasa Jerman. Viel Spass, Deutsch lernen! Demikian pesan yang didapat dari perbincangan singkat mereka.
Description: DC Nachricht: Kolaborasi Barat dan Timur pada Konser Young Composers Rating: 3.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: DC Nachricht: Kolaborasi Barat dan Timur pada Konser Young Composers

Tidak ada komentar:

Posting Komentar