link href='https://plus.google.com/105024340948664216160' rel='publisher'/

Deutschfest report: Gerak dan Pembelajaran Bahasa Jerman



Bermain Boardgame, memainkan Peran, bermusik dalam bahasa Jerman, semua itu dilakukan oleh para peserta lomba di Deutschfest 2012. 
Mereka semua memadukan gerakan dengan kemampuan bahasa Jerman yang mereka miliki. Perpaduan ini mengingatkan kita pada konsep Bewegtes Lernen atau belajar dengan melibatkan gerakan. 
Eva Leitzke-Ungerer ,dalam artikel berjudul Bewegtes Lernen: Rhytmus, Tanz, Songs im Französisch-und Spanischunterricht menggunakan konsep belajar dengan gerakan melalui musik. 

Dalam artikel tersebut dijelaskan juga mengenai konsep dasar dari Bewegtes Lernen seperti pada kutipan berikut: 
Bewegtes Lernen ist eine Form des ganzheitlichen lernens, in welcher Lernprozess durch bewegung unterschutz oder begleitet und somit optimiert wird. 

(Belajar melalui gerak adalah sebuah bentuk pembelajaran menyeluruh dimana proses pembelajaran didukung atau dipadukan serta dioptimalisasikan dengan gerakan.) 
Konsep belajar seperti ini sudah banyak digunakan oleh para pakar seperti Pestalozzi, Montesorri, Freinet atau Petersen, demikian ungkap Eva Leitszke-Ungerer dalam artikel tersebut. Disebutkan juga bahwa bahwa penggunaan konsep belajar melalui gerak menunjukkan hasil yang positif dalam pembelajaran bahasa Spanyol dan Prancis. Bagaimana dengan Bahasa Jerman? 
Keberagaman kegiatan pada Deutschfest seperti bermain boardgame, membaca cerita, memainkan peran, atau bermain musik secara disadari atau tidak telah mendukung konsep pembelajaran melalui gerak. Dengan bermain peran misalnya, seorang murid bisa belajar melakukan sebuah gerakan dan mengaplikasikan kemampuan bahasa Jermannya. 

Sumber Pustaka: 
Fremdsprachendidaktik Inhalts- und lernerorientiert, Herausgegeben von Gabriele Blell, Karlheinz Hellwig und Rita Kupetz
Der Einsatz von Musik und die Entwicklung von Audio Literacy im Fremdsprachenunterricht Peter lang GmbH Frankfurt am Main 2010








Description: Deutschfest report: Gerak dan Pembelajaran Bahasa Jerman Rating: 3.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Deutschfest report: Gerak dan Pembelajaran Bahasa Jerman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar